Freeport Indonesia Utang Rp 45 Triliun untuk Bangun Smelter

PT Freeport Indonesia yang tergabung dalam holding perusahaan pertambangan milik negara bernama Mining Industry Indonesia (MIND ID), mengumumkan telah memutuskan untuk menerbitkan utang $3 miliar.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro mengatakan aksi korporasi senilai Rp 45 miliar yang dilakukan PT Freeport Indonesia (PTFI) merupakan aksi korporasi biasa. Apalagi jika dana yang diterima digunakan untuk membangun smelter.

Saya kira tidak hanya positif bagi PTFI, tetapi juga bagi perekonomian nasional secara keseluruhan,” kata Komaidi kepada wartawan, Kamis (13/5/2022).

Ia juga menyebutkan bahwa utang merupakan mekanisme pendanaan yang cukup umum. Menurutnya, PTFI sudah memiliki perhitungan sendiri untuk memutuskan pinjaman.

Dimungkinkan untuk tidak memiliki utang dan menjual sebagian saham, itu hanya masalah pilihan,” klaimnya.

Meski demikian, Komaidi meyakini jika dana yang diterima dimanfaatkan dengan baik, seperti rencana awal membangun smelter, banyak hal positif yang bisa diraih.

“Banyak hal positif yang bisa diraih, seperti penyerapan tenaga kerja, investasi baru, jumlah emas dan mineral lain yang dihasilkan akan lebih terkontrol dan tentunya lebih tertib dalam aspek,” kata Komaidi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.