Gaji Tetap Tapi Kebutuhan Bertambah, Gimana Caranya Biar Kiriman Keluarga Tetap Aman?

Salah satu curhatan yang lagi cukup ramai jadi pembicaraan masyarakat adalah tentang harga berbagai kebutuhan yang terus merangkak naik. Hal ini merupakan imbas kenaikan BBM beberapa waktu lalu yang membuat harga berbagai kebutuhan pokok juga ikut mengalami lonjakan. Di tengah kebutuhan sehari-hari yang terus meningkat, tapi gaji tetap segitu-segitu aja, jelas dong bikin pusing para pekerja urban.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Nggak hanya berusaha memenuhi kebutuhan diri sendiri, banyaknya tanggungan kiriman setiap bulan buat istri di rumah, orang tua, hingga adik-adik yang masih sekolah memang membuat harus memutar otak lebih jauh. Saatnya atur strategi biar kiriman mereka tetap aman, yuk!

Breakdown Pengeluaran Bulanan, Temukan Celah yang Bisa Dikurangi

Hal pertama yang wajib dilakukan saat akan mulai melakukan pengaturan keuangan lagi adalah dengan melakukan breakdown pengeluaran. Coba cek dulu mana pengeluaran yang bisa dikurangi untuk dialokasikan ke pos pengeluaran lainnya.

Misalnya saja nih, kalau biasanya kamu punya jatah ngopi di kafe beberapa kali dalam seminggu, coba mulai dikurangi jadi seminggu sekali. Jatah hiburan pun coba mulai diperketat. Misalnya kalau selama ini langganan beberapa aplikasi streaming sekaligus, coba untuk mulai aktifkan 1 akun saja yang paling sering digunakan.

Kurangi Jajan di Luar, Masak Sendiri dan Bawa Bekal Lebih Hemat

Salah satu pengeluaran yang nggak terasa tapi bisa memberikan pengaruh luar biasa adalah kebiasaan jajan. Kalau selama ini lebih sering pesan makanan online atau keluar bareng saat istirahat siang, coba untuk mulai mengubah kebiasaan tersebut.

Masak sendiri dan membawa bekal bisa jadi lebih hemat, lho. Uang jajan bisa dialokasikan untuk membeli bahan-bahan masakan selama satu minggu. Kalau istri sibuk sehingga tidak bisa memasakkan bekal, nggak ada salahnya untuk mulai memasak sendiri. Apalagi kini ada banyak tutorial bento lunch box yang simpel dan bisa ditiru di internet.

Bawa Kendaraan Pribadi vs Naik Transportasi Umum, Hitung Mana yang Lebih Hemat

Saat harga BBM naik, dilema yang paling terasa adalah bertambahnya budget transportasi untuk membeli bensin bagi yang membawa kendaraan pribadi. Untuk menyiasatinya, cobalah mulai menghitung mana nih yang kira-kira lebih hemat antara naik transportasi umum atau bawa kendaraan sendiri?

Bagi yang tinggal dan bekerja di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, naik transportasi umum jauh lebih nyaman dan hemat terlebih buat yang harus commute dalam jarak yang cukup jauh. Ada berbagai pilihan moda transportasi yang ada, mulai dari MRT, KRL, hingga bus kota ke berbagai rute tujuan sehingga bisa jadi alternatif buat yang tinggal di kawasan sekitar Jakarta.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Pertimbangkan Punya Penghasilan Tambahan

Di zaman yang serba nggak pasti seperti sekarang ini, jangan hanya mengandalkan 1 penghasilan saja untuk bertahan hidup. Kamu juga perlu mulai merencanakan penghasilan tambahan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup saat gaji sudah terasa pas-pasan karena harus menanggung banyak kiriman.

Pilih sumber penghasilan tambahan yang sesuai dengan passion. Misalnya saja jadi freelancer desain grafis atau membangun bisnis kuliner bersama istri di rumah yang lebih fleksibel dikerjakan. Kalau dirintis pelan-pelan dengan penuh perencanaan, suatu saat pasti akan memberikan hasil yang diharapkan.

Selalu Atur Kiriman Keluarga di Awal Bulan Supaya Nggak Ada yang Terlewat
Jangan lupa untuk selalu mengatur kiriman untuk keluarga di awal bulan, supaya nggak ada yang terlewat. Hal ini penting untuk memisahkan pos keuangan yang harus keluar, sehingga saldo yang tersisa bisa terlihat dengan jelas. Dengan begitu, kamu bisa mulai mengatur untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Untungnya sekarang kirim-kirim uang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah serta bebas biaya admin di aplikasi DANA, yang pastinya bisa membantu menghemat pengeluaran bulanan. Kabar baiknya, semakin sering kirim uang pakai DANA, bisa berpeluang mendapatkan hadiah menarik lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *