Ini Cara Pengembang Bikin Sektor Properti Kebut Pertumbuhan Ekonomi RI

Jakarta – Asosiasi pengembang yang tergabung di DPP Real Estate Indonesia mendorong sektor properti di Indonesia terus berkembang. Cara yang dilakukan oleh para pengembang ini adalah menggelar pameran properti di dua provinsi.
Ketua Umum DPP REI, Joko Suranto mengatakan, sektor properti merupakan salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Oleh karenanya, hal ini dirasa akan bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

“Pameran ini penting karena mendekatkan masyarakat yang ingin membeli rumah dengan properti terbaik yang dibangun oleh anggota REI. Kemarin saya hadir di REI Expo di Living World Bali dan di Pakuwon Mall Yogyakarta, dan melihat langsung antusiasme masyarakat,”

Dia mengatakan, dalam hal ini DPP REI bekerja sama dengan perbankan. Kata Joko, saat ini pemerintah masih menyediakan insentif berupa pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN) yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membeli properti (time to buy property).

“Membeli hunian atau properti di pameran REI juga lebih terjamin legalitas, perizinan dan dijamin mendapat dukungan KPR dari perbankan yang tepercaya,”

Lebih jauh, pameran properti REI ini diharapkan mampu memacu sektor properti pulih lebih cepat pasca pandemi sehingga membawa dampak yang semakin besar dalam mengungkit perekonomian nasional sesuai paradigma propertinomic yang digaungkan REI. Seperti diketahui, sektor properti berkaitan erat dengan 185 sektor riil lain yang akan ikut bergerak mengikuti pertumbuhan sektor properti.

Kementerian Investasi-Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan realisasi investasi di sektor properti pada kuartal I-2024 mencapai Rp 29,4 triliun atau meningkat dibandingkan kuartal I-2023 sebesar Rp 27,9 triliun. Sektor properti yang mencakup perumahan, kawasan industri dan perkantoran menempati urutan ke-4 sebagai sektor dengan kontribusi investasi terbesar secara nasional.

“Oleh karena itu, sektor properti ini perlu terus didorong sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi yang lebih besar, membuka lebih banyak lapangan kerja, dan meningkatkan penghasilan masyarakat sehingga mampu membeli rumah” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, DPP REI juga melakukan aksi penanaman pohon mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali dan di Yogyakarta yang secara simbolis dipusatkan di Perumahan Tjokro Emerald, Pringwulung, Depok-Sleman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *